Sanggaluri Park

peta-sanggaluri-park

taman reptil sanggaluri park yang terletak di Jl.Buper, Kecamatan Kutasari, Kabupaen Purbalingga ,Jawa Tengah.

Dengan latar belakang pemandangan Gunung Slamet, Taman reptil ini menjadi tampak cantik di tengah hamparan sawah pedesaan Kutasari. Taman Reptil Sanggaluri Park adalah tempat wisata terpadu yang mengusung konsep edukasi sekaligus rekreasi alam. Berjarak 10 menit dari obyek wisata Owabong dan Desa Wisata Karangbanjar atau kurang lebih sekitar 30 menit dari pusat kota Purbalingga.

Jika para penelusur ingin masuk ke taman reptil, maka para penelusur harus membeli tiket dahulu seharga Rp 10.000/orang untuk hari senin – jumat dan Rp 15.000/orang untuk weekend atau hari libur nasional. Sedangkan untuk parkir kendaraan untuk motor Rp 1.000, untuk mobil Rp 4.000,dan Rp 10.000 untuk bus besar. 

Sebelum memasuki museum, para penelusur harus memulai pintu pemeriksaan tiket pengunjung. Setelah itu, para penelusur akan langsung masuk ke sebuah ruangan yang cukup luas, dimana diruangan tersebut terdapat berbagai koleksi serangga dan juga reptil.

Warna-warni kupu-kupu dipajang unik di beberapa lemari kaca. Ada juga yang dipasang menghiasi peta Indonesia menunjukkan daerah asal kupu-kupu ditemukan. Sementara kelompok kumbang ditata dalam beragam bentuk yang menarik. Pemasangan spesimen-spesimen yang diletakkan tegak di dinding dan lemari membuat para penelusur dapat dengan mudahnya melihat dan juga berfoto bersama koleksi yang ada tersebut.

Di taman reptil ini terdapat berbagai koleksi reptil baik dari dalam maupun luar negeri. Dari koleksi ular dari yang berbisa tinggi atau mematikan seperti King Kobra hingga ular yang tak berbisa tetapi mempunyai  lilitan yang sangat mematikan seperti anaconda dari berbagai spesies dipelihara di Sanggaluri Park ini. Tak ketinggalan pula ular phyton yang panjang dan bertubuh besar juga ada di tempat wisata yang satu ini.

Sedangkan koleksi reptil yang lain adalah berbagai jenis kadal dari dalam dan luar negeri. Koleksi beberapa biawak sangat menarik diperhatikan tingkah lakunya. Koleksi kadal raksasa atau komodo juga ada. Berbagai koleksi tokek dan cicak dari berbagai manca Negara sangat  unik dan menarik. Unik karena bentuknya yang aneh seperti ekor yang besar serta berwarna-warni sehingga akan membut para penelusur kagum saat melihatnya.

Setelah melewati taman serangga dan reptil, para penelusur kemudian akan menuju ke taman yang sebenarnya yaitu sebuah taman dengan hamparan hijau yang membentang luas. Di taman ini para penelusur dapat berfoto dengan ular dan juga buaya, namun tentunya juga dengan didampingi oleh para petugas dan juga pawang.

Di tempat wisata taman reptil ini terdapat  3 museum yang bisa oleh para penelusur tanpa harus membeli tiket masuk lagi yaitu museum wayang, tempat peraga, dan juga museum uang.

Di museum uang, para penelusur dapat melihat koleksi uang dari seluruh dunia dengan nominal yang beragam. Sedangkan di tempat peraga, para penelusur dapat mengamati dan juga memainkan berbagai alat peraga yang ada disitu. Para penelusur juga dapat melihat berbagai jenis wayang dan juga gamelan yang ada di museum wayang.

Di taman reptil Sanggaluri Park juga terdapat berbagai wahana permainan yang sangat mendidik seperti taman lalu-lintas dan stasiun Kutosari.  Wahana permainan trampoline dan istana balon juga sangat menarik bagi anak-anak. Selain itu, disini anak-anak juga dapat belajar bercocok tanam di warung kebon. Sangat lengkap sekali kan tempat wisata yang satu ini? maka tidak mengherankan jika tempat wisata yang satu ini sekarang menjadi tujuan utama saat berwisata ke purbalingga.

www.hilmitour-wisata.com