Kaliurang

Kaliurang, Tempat Wisata Menarik di Yogyakarta

  • Kaliurang, Tempat Wisata Menarik di Yogyakarta

Gerbang-masuk-Kaliurang (indonesiaexplorer.net)

Gerbang Masuk Menuju Kaliurang (sumber: indonesiaexplorer.net)

Kidnesia.com РKaliurang adalah sebuat tempat wisata yang terletak di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta , kata Kaliurang itu jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah Sungai Udang.

Asal kamu tahu saja nih. Nama Kaliurang itu secara harfiah dalam bahasa Indonesia berarti “sungai udang”.

Pada awal abad ke-19, sejumlah ahli geologi Belanda yang tinggal di Kota Yogyakarta bermaksud mencari tempat peristirahatan bagi keluarganya.

taman-wisata-kaliurang (indonesiaexplorer.net)

Taman Wisata di Kaliurang (sumber: indonesiaexplorer.net)

Mereka menyusuri kawasan utara Yogyakarta yang merupakan dataran tinggi. Akhirnya tibalah mereka di kawasan Kaliurang yang berada di ketinggian sekitar 900m di atas permukaan laut.

Tempat tersebut tentunya cocok untuk membangun tempat peristirahatan. Nah, saat ini, bangunan tersebut menjadi bangunan bersejarah, yang bernama Wisma Kaliurang , dan Museum Ullen Sentallu.

Pada tanggal 13 Januari 1948 terjadi perundingan khusus antara Republik Indonesia (RI) dengan Komisi Tiga Negara (Belgia, Australia, dan Amerika Serikat).

Dari perundingan tersebut menghasilkan kesepakatan bersama antara RI dan KTN yang disebut dengan Notulen Kaliurang.

Museum unik bernama Ullen Sentalu , lokasinya berada di bawah tanah ini terkuak misteri kebudayaan dan nilai-nilai sejarah Jawa, terutama yang berhubungan dengan kehidupan putri Keraton Yogyakarta dan Surakarta pada abad ke-19.

Sekarang, Kaliurang adalah sebuah resor atau tempat peristirahatan karena sejuknya udaranya. Di sini banyak terdapat vila penginapan, yang sering disebut wisma.

www.hilmitour-wisata.com