Museum Wayang Kekayon

Museum-Wayang-Kekayon

Museum Wayang Kekayon terletak di Jl. Jogja-Wonosari Km. 7 No. 277 Kecamatan Banguntapan, Bantul. Museum ini mengoleksi berbagai jenis wayang yang ada di Indonesia.

Sebagai tujuan wisata seni budaya, museum ini juga memiliki fungsi pendidikan, wahana penelitian, dan rekreasi. Bangunan yang ada terdiri dari satu ruang auditorium dengan fasilitas audio visual yang digunakan untuk penjelasan awal bagi pengunjung.

Selain itu juga terdapat beberapa unit bangunan museum yang lebih kecil seperti gedung induk dengan arsitektur Jawa lengkap dengan kuncung, pendapa, longkang, peringgitan, ndalem dengan sarean tengah.

Terdapat juga gedung pendapa yang luas dan dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan seperti acara pernikahan, pertemuan, latihan kesenian, dan paket wisata makan malam sembari menyaksikan pagelaran wayang.

Wayang merupakan kekayaan luhur budaya bangsa Indonesia yang patut kita banggakan. Terbukti atas pengakuan UNESCO atas wayang sebagai warisan pusaka dunia. Di komplek museum wayang seluas 1,1 ha ini dapat disaksikan ribuan wayang dari berbagai jenis, seperti wayang Purwa, Madya, Gedhoog, 100 Kurawa, dan lain-lain.

Juga terdapat aneka topeng, berbagai busana wayang, bahkan patung Wayang Wong ukuran sebenarnya, hingga berbagai jenis wayang yang nyaris punah, seperti wayang Madura, Sadat, Golek Thengul, serta berbagai wayang bersejarah yang sudah ratusan tahun hingga wayang modern seperti Wayang Perjuangan/Suluh dan wayang Republik yang sekarang sering dipentaskan.

Museum ini juga nyaman dan asri dengan taman parkir luas serta pendapa megah untuk perayaan pernikahan, pameran, pertemuan, sarasehan, dan lain-lain.

Jam Buka Museum

  • Selasa – Minggu pukul 08.00 – 15.00 WIB
  • Hari Senin: Tutup

Kontak

  • Alamat: Jl. Raya Yogya – Wonosari Km. 7, No. 277 Bantul Yogyakarta.
  • Telp. (0274) 2672900, 379058, 0811255151
  • Email: museumwayangkekayon@gmail.com

Copy: https://gudeg.net/

www.hilmitour-wisata.com