Gembira Loka Zoo

gembira_loka_zoo_

Taman Gembiraloka ini merupakan kebun binatang satu-satunya yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebun Binatang Gembira loka juga tergolong museum dalam kategori museum zoologicum atau museum satwa. Gembiraloka dalam sejarahnya termasuk museum tertua di Yogyakarta setelah Museum Sonobudoyo.

Pembangunan kebun binatang yang berada di daerah Kali Gajah Wong merupakan ide dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1933. Sultan berkeinginan mempunyai tempat hiburan rakyat yuang berupa kebun raya ( kebun rojo ). Selanjutnya pemikiran beliau dikonsultasikan kepada seorang arsitek dari negara Austria bernama Kohler.

Beberapa tahun kemudian gagasan pendirian kebun binatang tersebut baru bisa direalisasiakan dan selanjutnya dilanjutkan masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono IX bersama Ir. Karsten. Pada tanggal 10 November 1953 kebun binatang tersebut akhirnya diresmikan oleh Sri Sultan HB IX yang selanjutnya dikelola oleh Yayasan Gembiraloka yang diketuai Sri Paduka Paku Alam VIII.

Seiring dengan waktu, perkembangan kebun binatang ini mengalami beberapa kali pergantian pengelola karena alasan manajerial. Walaupun dalam perjalanannya mengalami pasang surut, kebun binatang ini masih tetap menjadi obyek wisata andalan bagi Yogyakarta. Menurut data dari Dinas Pariwisata DIY jumlah pengunjung Kebun binantang Gembira loka lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pengunjung Museum Sonobudoyo dan Monumen Jogja Kembali. Akan tetapi jumlah pengunjung di Gembiraloka bisa dikalahkan oleh jumlah pengunjung Keraton Yogyakarta dan Kawasan Malioboro per tahunnya.

Selain menampilkan satwa langka (mamalia, Reptilia, Aves, Amfibia, Pisces) dalam display berupa kandang berjeruji besi atau berpagar tembok atau kayu. Gembiraloka juga mempunyai koleksi menarik lainya yang berupa binatang kering yang sudah diawetkan. Binatang awetan tersebut ditempatkan dalam ruangan khusus yang menyerupi museum. Museum ini berada di tepi danau buatan di area kebun binatang Gembiraloka. Selanjutnya seiring dengan perkembangan kebun binatang yang semakin banyak dikunjungi wisatawan, pada tahun 2007 dibangun sebuah loboratorium alam Flora dan Fauna sebagai sarana pembelajaran masysrakat terutama bagi pelajar dan anak-anak. Ditempat ini terdapat berbagai koleksi yang beragam seperti koleksi berbagai jenis serangga dan satwa vertebrata maupun avertebrata

Kebun binatang yang sudah berusia lebih dari setengah abad ini dihiasi oleh rangkaian taman yang menghijau dengan warna-warni bunga yang menarik . Terdapat beberapa pohon tua dan besar yang rindang menambah keindahan tempat ini. Gembiraloka juga mempunyai lahan yang berupa hutan yang dibiarkan tumbuh dan juga lahan untuk persemaiannya. Sebagian besar tanaman ini tidak ditata rapi dengan tujuan menyajikan suasana yang alami.

Selain melihat dari dekat berbagai flora dan fauna di kebun binatang ini, tersedia juga berbagai macam wahana rekreasi seperti genjot bebek , naik gajah, aik unta, gua replika yang tersedia untuk mendukung pariwisata di Gembiraloka.

Lokasi

Gembiraloka beralamat di Jalan Kebun Raya No.2 Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari terminal Giwangan sampai ke kebun binantang berjarak sekitar 4 km. Sedangkan kalau dari kawasan Malioboro dan Keraton Yogyakarta berjarak 6 km.

Akses

Untuk mencapai tempat ini para wisatawan dapat menggunakan berbagai macam alat transportasi umum yang berada di Yogyakarta seperti bus kota, taksi, bus Trans Jogja, becak dan andong. Apabila becak dan andong menjadi pilihan, pastikan anda berada tidak jauh dari tempat ini. Jika pengunjung menggunakan bus kota, pilihlah jalur 9 atau 7. Sedangkan bila menggunakan Transjogja pilih bus trayek 1B. Bus dengan trayek ini akan berhenti dii halte yang letaknya berdekatan dengan kebun binatang Gembiraloka.

Fasilitas

Banyak tersedia kios yang menjual berbagai macam souvenir, mainan anak-anak, makanan dan minuman yang dapatt anda temui di sekitar tempatt parkir. Sedangkan saat didalam area kebun binatang juga tersedia kios yang menyediakan makanan dan minuman, toilet, musholla da lain-lain. Fasiltas permainan yang tersedia seperti perahu katamaran, speedboad, bumper boat, ATV, Taring ( Transportasi Keliling )

www.hilmitour-wisata.com